Minggu, 16 Oktober 2011

Menjawab soal ujian Bahasa Indonesia



1. Menentukan Letak Kalimat Utama
a. Temukan kata hubung tunjuk ( ……ini, ….itu, hal ini, hal itu, tersebut, di atas dll ) pada kalimat kedua. Jika ada, hampir dapat dipastikan letak kalimat utama adalah pada kalimat pertama.
b. Kalimat kedua adalah kalimat penjelas yang menjelaskan dari segi apapun sesuatu yang terdapat pada kalimat utama ( di awal / di akhir ).
c. Temukan di mana letak apa/siapa yang dijelaskan tersebut ( Kalimat pertama atau kalimat terakhir ). Kalimat yang dijelaskan tersebut adalah kalimat utamanya.
Truk dan bis antri berjam-jam di Pelabuhan Penyeberangan Merak– Bakauhuni, Merak, Banten (1). Ratusan kendaraan bermotor berjajar tak beraturan di halaman parkir yang tidak beratap menunggu jadwal keberangkatan yang tertunda(2). Beberapa penumpang mengembalikan tiket kapal feri yang sudah terlanjur dibeli (3).Kepala pelabuhan menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh ditundanya pemberangkatan tiga kapal feri akibat ombak laut yang kurang aman bagi pelayaran (4).
1. Kalimat utama pada paragraf di atas ….
a.Kalimat pertama c.Kalimat kedua b.Kalimat ketiga d. Kalimat keempat
2. Menentukan Gagasan Utama
a. apa/siapa yang digantikan oleh kata tunjuk yang terdapat pada kalimat kedua tersebut
adalah kata kunci bunyi gagasan utamanya
b. apa/siapa yang dijelaskan oleh kalimat penjelas adalah kata kunci gagasan utamanya
Menurut Badan Metreologi dan Geofisika ( BMG ), curah hujan yang tinggi disebabkan oleh adanya perubahan iklim yang ekstrim di sebelah Barat Laut Jawa. Dampak lain dari perubahan itu, banjir melanda beberapa daerah yang sebelumnya aman dari terjangan luapan air sungai. Daerah sepanjang pinggiran Kali Bengawan Solo adalah salah satu contohnya.
2. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah…
a. Penyebab hujan c. Penyebab banjir
b. Penyebab perubahan iklim d. Daerah yang dilanda banjir
3. Kalimat Kritikan
a. Biasanya kalimat kritikan berbentuk kalimat perintah/larangan yang ditandai dengan adanya kata ( harus, seharusnya, sebaiknya, diharapkan, sewajarnya, jangan, sepantasnya dll ).
b. Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak berbentuk kalimat perintah/larangan karena kemungkinan besar bukan kalimat kritikan.
c. Perhatikan soal, siapa/pihak mana yang harus dikritik
d. Cari dalam bacaan ( pikiran, ucapan, atau perbuatan ) tidak baik yang dilakukan oleh pihak dalam soal sehingga perlu diberi kritikan
e. Bunyi kalimat kritikan harus sesuai dengan pikiran, ucapan, atau perbuatan tidak baik tersebut.
Bentrokan antarsuporter Persija dan Persipura yang memakan korban 1 orang tewas kemarin, bukan tanggung jawab PSSI, tetapi panitia pertandingan, begitu yang dikatakan Menpora kemarin (1). Bentrok antarsuporter sepakbola, bukan hanya sekali itu saja terjadi (2). Penyebab bentrok itu ada beberapa kemungkinan, antara lain akibat kekalahan tim yang didukungnya atau akibat tidak tegasnya wasit dalam memimpin pertandingan (3). Tingkat kedewasaan penonton yang masih rendah itulah yang membuat sepakbola Indonesia tidak berkualitas (4).
3. Kalimat kritikan yang tepat terhadap Menpora adalh….
a. Panitia jangan hanya memikirkan keuntungan saja
b. Sebaiknya pertandingan dipindahkan ke tempat lain
c. Menpora jangan lepas tangan begitu saja
d. Panitia pertandingan harus mengatur keluar masuknya penonton dengan lebih baik
4. Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita
a. Perhatikan kata-kata pertama pada teks 1
b. Kuasai lebih dahulu fungsi kata tanya siapa, apa, kapan, berapa, di mana, mengapa, dan bagaimana
c. Tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 1 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 1 )
d. Perhatikan pola pilihan jawaban a,b,c, dan d . Berdasarkan unsur pertama teks 1 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
e. Selanjutnya tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 2 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 2 )
f. Berdasarkan unsur pertama teks 2 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
g. Satu unsur berita dapat berbentuk satu kata atau lebih. Satu kalimat dapat memiliki satu unsur dapat juga lebih tergantung jenis kalimatnya
h. Untuk mengetahui letak unsur kedua atau ketiga atau unsur selanjutnya, buatlah kalimat tanya dengan kata tanya yang sesuai dengan unsur pertama teks tadi
i. dengan menggunakan sisa-sisa kalimat yang tidak menjadi jawaban. Kata-kata setelah kata-kata jawaban adalah unsur keduanya. Begitu selanjutnya.
Teks 1
Hingga Minggu petang ini, 20 korban tewas telah ditemukan, sedangkan 50 korban lainnya diduga masih tertimbun lumpur bercampur reruntuhan bangunan. Tim Sar UNS dan beberapa sukarelawan dengan alat seadanya bahu membahu menyingkirkan puing-puing rumah yang terendam lumpur hampir setinggi 5 meter hanya dengan diterangi lampu petromak.
Teks 2
Hujan deras yang mengguyur Pulau Jawa Kamis kemarin membuat 20 desa terendam banjir dan 2 jembatan terputus. Bahkan, di Desa Sitiung, Kecamatan Kendal Kota, air mencapai ketinggian 3 meter dan menenggelamkan ratusan rumah. Diperkirakan, hampir 2 milyard kerugian yang diderita akibat meluapnya Sungai Cibadak itu.
4. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah….
Teks 1 Teks 2
a. kapan-berapa-kapan apa-berapa-bagaimana
b. bagaimana-kapan-di mana kapan-dimana-berapa
c. berapa-kapan- siapa apa-mengapa-berapa
d. kapan-berapa-siapa apa-kapan-berapa

5. Kesamaan Informasi Beberapa Teks
a. Jika ada, perhatikan kata-kata berupa nama, angka, atau istilah yang terdapat dalam pilihan jawaban a,b,c, dan d sebagai pedoman untuk mencari informasi dalam teks
b. Pilihan jawaban benar jika informasi tersebut termuat baik pada teks 1 maupun teks 2
c. Jangan menentukan jawaban lebih dahulu jika belum berhasil menggaris bawahi kata-kata kunci pada teks 1 dan 2 yang berupa kata-kata yang bunyinya atau maknanya sama
Teks 1
Syafrudin atau yang lebih dikenal dengan sapaan Udin, terbunuh lebih dari 20 tahun lalu. Sampai sekarang siapa pembunuh wartawan Bernas yang dikenal kritis dalam mengritik kebijaksanaan pemerintah itu masih menjadi misteri. Beberapa tersangka sudah diadili dan dijatuhi hukuman. Namun, tak ada satu pun di antara mereka yang dihukum dengan dakwaan membunuh Udin.
Teks 2
Polycarpus dijatuhi 20 tahun penjara oleh Mahkamah Agung dalam kasus Munir. Banyak yang berpendapat bahwa Policarpus hanya boneka, bukan aktor utama dalam kasus yang juga mendapat sorotan PBB itu. Suciwati, istri Munir, belum puas dengan putusan itu. Dia menginginkan pengadilan terus mencari sebenarnya yang telah membunuh suaminya
5. Persamaan informasi kedua teks adalah….
a. Belum ditemukannya pembunuh yang sebenarnya
b. Terbunuhnya aktivis Hak Azazi Manusia
c. Dijatuhkannya hukuman bagi para pembunuh
d. Terbunuhnya wartawan yang kritis
6. Menentukan Isi Teks.
a. Isi teks yang terdiri atas satu paragraf dapat ditemukan pada kalimat utamanya.
b. Isi teks juga dapat berupa gabungan antara kalimat utama dengan salah satu kalimat penjelas.
c. Isi teks yang terdiri atas dua paragraf atau lebih dapat ditemukan pada pilihan jawaban yang memuat gabungan kalimat utamanya
d. Isi teks dapat ditentukan dengan menjawab pertanyaan “apa/siapa yang bagaimana”
Harga BBM Turun Lagi
Turunnya harga minyak dunia adalah hal yang sangat menguntungkan bagi SBY. Momen tersebut sangat pas dengan situasi politik menjelang pemilu tahun 2009. Maka, harga BBM pun turun sampai 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Itu pun dengan harga terakhir yaitu Rp 4.500, pemerintah masih untung dan tak perlu memberi subsidi. Buktinya, harga jual di negara lain lebih rendah dari itu. Soal mengaku-aku sebuah prestasi yang didapat tanpa usaha apapun, bangsa Indonesia memang jagonya.
6. Isi teks berita tersebut adalah…
a. Menurunkan harga BBM merupakan prestasi
b. Harga BBM turun karena harga minyak dunia turun
c. Bangsa Indonesia jago mengaku-aku prestasi orang lain
d. Harga BBM turun karena jumlah minyak terlalu banyak
7. Menentukan larik bermajas
a. Kuasai lebih dahulu pengertian majas personifikasi, perumpamaan, metafora, klimak, metonimi, ironi, dan paradoks
b. Biasanya majas yang paling sering digunakan penyair adalah personifikasi ( mengorangkan benda ) yang dapat dirumuskan = KK/KS manusia + KB atau KB + KK/KS manusia.
c. Tandai kata-kata dalam pilihan jawaban yang susunan kata-katanya terdiri atas kata benda yang diikuti atau didahului, kata kerja/kata sifat yang mana kerja/sifat tersebut hanya biasa dijalankan/dimiliki manusia. Jika ditemukan pilihan jawaban itu memuat majas personifikasi
Fajar tiba
Mentari menampakkan senyumnya
Embun menetes dari ujung daun
Burung-burung berkicau dengan riuhnya
7. Larik yang bermajas pada kutipan puisi tersebut adalah….
a. Larik pertama b. Larik kedua c. Larik ketiga d. Larik keempat
Para mahasiswa kini tak lagi teriak
Hidup reformasi hidup rakyat
Mereka sudah jemu, lidahnya kaku
…….
Penguasa yang lahir dari hasil perjuangan mereka
Kini sibuk menumpuk harta
8. Larik bermajas yang sesuai untuk melengkapi baris adalah….
a.Mereka lebih suka belajar keras c. Mereka merasa tertipu
b.Hatinya berbisik-bisik d. Matanya melihat orang-orang berpesta pora
8. Kalimat Pendapat
Kuasai lebih dahulu ciri-ciri kalimat pendapat berikut.
a. Berbentuk kalimat saran/perintah/anjuran yang ditandai adanya kata ( sebaiknya, sepantasnya, seharusnya, sewajarnya dll )
b. Mengandung informasi yang belum pasti yang ditandai dengan adanya kata ( mungkin, kira-kira, diduga, diperkirakan, disangka dll )
c. Mengandung informasi tentang sesuatu yang belum terjadi yang ditandai dengan adanya kata ( jika, kalau, bila, andai, andai kata dll )
d. Terdapat kata sifat atau kata yang dapat ditandai seperti kata sifat ( sangat + ……..)
e. Tandai kata-kata kunci di atas pada bacaan untuk menentukan pilihan jawaban yang benar
Selain menulis novel, Mochtar Lubis juga menghasilkan cerpen dan esai dengan berbagai tema (1). Beberapa penghargaan telah diterimanya, di antaranya penghargaan Magsaysay untuk romannya yang berjudul “Senja di Jakarta” (2). Romannya “Harimau Harimau Harimau!” dinobatkan sebagai prosa terbaik pada tahun 1977 (3). Penulis ini pada jaman Orde Lama pernah dipenjarakan oleh penguasa Bung Karno 4. Dia dikenal sebagai seseorang yang punya idealisme tinggi dalam mempertahankan pendapatnya (5).

9. Kalimat yang berisi pendapat terdapat ……..
a. Kalimat pertama c. Kalimat keempat b. Kalimat ketiga d. Kalimat kelima

9. Menentukan Fakta
Kalimat yang tidak memuat kata-kata kunci kalimat pendapat, kemungkinan besar kalimat fakta
Novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata telah terjual jutaan eksemplar. (1). Novel itu memang pantas dianggap sebagai novel bertema pendidikan yang fenomental.(2).Novel itu berkisah tentang kehidupan masa kecil pengarangnya.(3). Cara bertuturnya yang menarik membuat novel ini pantas dibaca oleh para pelajar dan pendidik. (4)
10. Fakta pada tajuk di atas terdapat pada kalimat…
a. 1 dan 4 b. 2 dan 4 c. 1 dan 3 d. 2 dan 3
10. Menentukan Kesimpulan/ Gagasan Utama Tajuk
a. Kesimpulan ( simpul/tali/ikat ) adalah satu kalimat yang dapat mewakili seluruh kalimat yang terdapat pada bacaan.
b. Tentukan apa/siapa + bagaimana yang dibahas dalam tajuk.
c. Siapa/apa + bagaimana tersebut adalah gagasan tajuk tersebut, atau
d. Cari pilihan jawaban yang memuat kalimat yang isinya sama dengan isi kalimat utama atau gabungan kalimat utama dengan kalimat penjelas, atau
e. Cari pilihan jawaban yang isinya dapat mewakili isi seluruh bacaan
11. Menentukan Opini Yang berlawanan
a. Cari pada pilihan jawaban yang isinya berlawanan/berkebalikan dengan apa yang tertulis pada bacaan
b. Tandai kata atau gabungan kata pada pilihan dan bacaan sebagai bukti bahwa kedua pernyataan itu bertentangan
12. Menentukan keberpihakan Penulis
a. Keberpihakan diujudkan dalam bentuk kalimat yang berisi sanjungan, pujian, persetujuan, ungkapan belas kasihan, atau keprihatinan
b. Cari dalam bacaan kalimat yang berisi hal –hal tersebut. Pihak yang dikomentari positif itulah yang berpihaki
Derita Gaza
Perseteruan antara Israel dan Palestina adalah sejarah yang umurnya sudah ratusan tahun. Umat Nabi Musa, kaum Israel, menganggap Palestina adalah tanah yang dijanjikan Tuhan bagi mereka. Maka sejak terbentuknya gerakan Zionisme di awal abad 20, kaum yang tidak punya Negara itu berbondong-bondong memasuki Palestina dengan segala macam cara.
Dengan dukungan ekonomi yang kuat dan persenjataan lengkap ditambah Amerika Serikat sebagai pendukungnya, maka sukseslah aneksasi itu. Maka, jadilah Palestina menjadi anak tiri di negerinya sendiri. Nasib anak tiri, tentu saja biasanya diperlakukan dengan sewena-wena.
Kekejaman Israel seperti yang dilakukannya selama 20 hari belakangan ini dengan menjatuhkan ribuan bom hanyalah pengulangan dari pembunuhan-pembunuhan sebelumnya. Hamas yang dianggap teroris hanyalah salah satu alat pengesah dari kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.
Sudah saatnya Dunia Islam, khususnya dunia Arab bersatu dalam tindakan nyata. Sudah waktunya para pemimpin negara-negara membuka matanya yang disilaukan oleh gemerlapnya dolar Amerika. Israel sudah keterlaluan. Derita rakyat Palestina di Jalur Gaza sudah diluar batas kemanusian

11. Gagasan utama tajuk tersebut adalah…
a.Negara Israel menyerang Palestina untuk menumpas teroris
b.Kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina harus segera dihentikan oleh para pemimpin dunia.
c.Amerika adalah negara pendukung Israel
d. Sudah lama Israel menginginkan negara Palestina
12. Opini yang berlawanan dengan isi tajuk di atas …..
a. Israel dan Palestina adalah dua Negara yang sudah lama bermusuhan
b. Biarpun negaranya kecil, Israel kuat dalam hal ekonomi dan persenjataan
c. Selama ini, negara-negara Arab adalah pembela setia bangsa Palestina
d. Dalam sejarah, bangsa Israel adalah umat Nabi Musa.
13.Kesimpulan yang paling tepat dari tajuk di atas …..
a. Karena tak punya tanah air, Israel menguasai negara Palestina
b. Para tokoh dunia mengutuk serangan Israel terhadap rakyat Palestina
c. Bantuan terus mengalir untuk rakyat palestina yang sedang menderita.
d. Negara Indonesia sangat bersimpati pada negara Palestina
14.Berdasarkan kutipan tajuk di atas, keberpihakan penulis ditujukan kepada……
a. Rakyat Palestina b. Kelompok Hamas c. Pemimpin Arab d. Negara Israel
14. Menentukan Pertanyaan Sesuai Tabel
a. Membaca tabel dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara baris dan kolom
b. Informasi yang terdapat dalam tabel, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
c. Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
e. Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada tabel.
f. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
15. Menentukan kesimpulan Isi Tabel
a. Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
b. Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
c. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Tahun 2004-2008
Keboc

15. Pertanyaan yang sesuai dengan isi tabel adalah …
a. Mengapa nilai tukar rupiah terhadap dolar begitu rendah?
b. Berapa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika pada tahun 2009?
c. Kapan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika akan turun?
d. Berapa penurunan nilai tukar rupiah tahun 2008 dibanding tahun sebelumnya?
16. Kesimpulan yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah…
a. Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika selalu mengalami penguatan
b. Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika kadang menguat kadang melemah
c. Pelemahan nilai rupiah terhadap dollar Amerika terbanyak dari tahun sebelumnya terjadi pada
tahun 2008
d. Pelemahan nilai rupiah terhadap dollar Amerika paling sedikit dari tahun sebelumnya terjadi pada tahun 2004
16. Menentukan Pertanyaan Sesuai Grafik
a. Membaca grafik dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara garis vertikal dan garis horisontal
b. Informasi yang terdapat dalam grafik, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
c. Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
e. Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada grafik.
f. Tandai informasi di grafik yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
17. Menentukan kesimpulan Isi Grafik
a. Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
b. Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
c. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai

Grafik Penjualan Tepung
Terigu PT Boga Sari Tahun 2002 – 2006

17. Pertanyaan yang sesuai dengan isi grafik adalah…
a. Mengapa angka penjualan tahun 2006 paling tinggi?
b. Kapan penjualan mengalami peningkatan paling tajam dibanding tahun sebelumnya?
c. Berapa jumlah kenaikan pada tahun 2003 dibandingkan dengan tahun sebelumnya?
d. Berapa jumlah penjualan pada tahun 2007?
18. Kesimpulan isi grafik tersebut adalah….
a. Jumlah kenaikan dan penurunan penjualan tiap tahun sama
b. Penjualan mengalami penurunan pada 2004 tapi naik lagi pada tahun berikutnya.
c. Kenaikan tahun 2005 dari tahun sebelumnya lebih besar daripada kenaikan tahun 2006
d. Penjualan mengalami kenaikan pesat pada tahun 2006
18. Menentukan Citraan
a. Citraan adalah gambaran lewat kata-kata. Citraan penglihatan berkaitan dengan sesuatu yang dilihat, pendengaran dengan suara-suara, penciuman dengan bau, perasaan dengan apa-apa yang biasa dirasakan hati, perabaan berkaitan dengan apa yang dirasakan kulit, gerak berkaitan dengan sesuatu yang sedang bergerak, pencecapan berkaitan dengan apa yang dirasakan lidah.
b. Perhatikan, kata-kata yang terdapat pada larik-larik puisi tersebut berhubungan dengan sesuatu yang berkaitan dengan panca indra yang mana? Itulah citraannya
c. Jika terdapat lebih dari satu citraan, pilih yang lebih sering muncul
19. Menentukan Isi Puisi
a. Pahami, isi puisi biasanya tidak tertulis dengan jelas pada larik-larik puisi tersebut
b. Isi puisi berupa jawaban dari pertanyaan : apa/siapa yang bagaimana yang diceritakan dalam puisi tersebut.
c. Isi puisi berupa kesimpulan dari seluruh larik-larik puisi, bukan salah satu larik saja
d. Biasanya pilihan jawaban yang berisi kata-kata yang diambil dari larik puisi, bukan pilihan jawaban benar
Ringkiknya adalah amarah,
Bagai derap kaki kuda sumba yang tak pulang
ke kandangnya
dengusnya adalah nada hati
Akan cinta yang telah terbagi
19. Jenis citraan yang terdapat puisi tersebut…
a. Perabaan c. penciuman b. Pencecapan d. pendengaran
20. Puisi tersebut berisi tentang…..
a. Kuda Sumba yang meringkik c. Derap kaki kuda Sumba
b. Perasaan cemburu d. Perasaan cinta
20. Membaca Denah
a. Pahami lebih dahulu arah mata angin. Pada denah bagian atas gambar menandakan arah Utara, bawah Selatan, bagian tangan sebelah kanan menandakan arah Timur dan tangan kiri menandakan arah Barat.
b. Pahami maksud kata-kata berikut: sejajar, berhadapan, berseberangan, berdampingan, mengapit, dekat, jauh atau kata lain yang menunjukan posisi dua benda

Denah Alun-alun Kajen

U

Jalan Mandurojo

21. Pernyataan yang sesuai dengan denah di atas adalah…
a. Kantor Setda berada di sebelah Timur gedung dewan
b. Rumah dinas bupati berhadapan dengan masjid
c. Gedung GPU berada di sebelah Selatan masjid
d. Alun-alun berada disebelah Barat masjid
21. Menentukan Rima
a. Rima adalah persanjakan atau persamaan bunyi
b. Rima sama jika larik 1,2,3,4 pada akhir larik sama bunyi ( aaaa )
c. Rima kembar, jika bunyi akhir larik pertama kedua sama dan larik ketiga keempat juga sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 2 ( aabb )
d. Rima silang jika bunyi akhir larik 1 dan 3 sama dan larik 2 dan 4 sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 3 ( abab )
e. Rima bebas jika larik 1,2,3, 4 pada akhir larik berbeda bunyi ( a,b,c,d )
22. Puisi yang menggunakan rima silang adalah….
a. tak ada air mata
kegagalan hanya suskses tertunda
tak ada derita
esok mentari kan tiba
b. pagiku hilang sudah melayang
hari mudaku sudah pergi
sekarang petang datang membayang
batang usiaku sudah tinggi
c. kalau kata ditelan dusta
maknapun pasti tak ada
jika nama tak tersimpan di hati
air mata itu tak ada arti
d. sekali datang
kedua pergi
ketiga selamat jalan
kapan berjabat tangan?

Angin pergi ke Utara
Pelangi melambai berucap sayang
Angin pulang menemui cintanya
Senja berbisik selamat……
23. Kata yang tepat untuk melengkapi puisi di atas agar menimbulkan rima tertentu adalah….
a.datang b. bertemu c. malam d. pagi
22. Menentukan Pesan/Amanat Cerpen/Novel/Drama
a. Cari hal positif ( lakukan ) atau negatif ( jangan meniru ) yang dilakukan oleh tokoh dalam bacaan
b. Nasihat/pesan/amanat berkaitan dengan hal tersebut.
c. Kalimat amanat biasanya berbentuk kalimat perintah
Siang begitu terik. Suta sedang menunggu angkutan yang membawanya pulang. Tiba-tiba dia melihat selembar puluhan ribuan jatuh dari kantong celana seorang pemuda. Diinjaknya uang sepuluh ribuan itu. Lumayan buat beli jajan, pikir Suta. Setelah pemilik uang naik ke angkutan, dipungutnya uang itu dengan suka cita.
24. Pesan tersirat yang sesuai dengan kutipan cerpen ..
a.Jika ada uang jatuh injaklah! c. Jangan sia-siakan rejeki yang datang!
b. Jadilah anak yang jujur! d. Jangan terlalu banyak jajan!
23. Menentukan latar tempat, waktu, atau suasana dalam cerpen/novel/puisi
a. Pahami bahwa nama tempat, nama waktu, atau nama suasana dalam cerpen/novel/puisi biasanya tidak tertulis secara tersurat, tetapi hanya berupa kata-kata yang merupakan ciri-ciri tempat, waktu, suasana yang dimaksud ( tersirat )
b. Pahami tokoh/sesuatu yang terdapat dalam bacaan
c. Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh/sesuatu tersebut dalam satu kata kerja ( Ani sedang makan, Budi minum, Siti merenung dll )
d. Nama tempat yang digunakan si tokoh/sesuatu dalam melakukan sesuatu adalah latar tempatnya
e. Nama waktu ketika si tokoh/esuatu melakukan sesuatu adalah latar waktunya
f. Situasi/ suasana/perasaan si tokoh/sesuatu saat melakukan sesuatu adalah latar suasananya
Aku segera melemparkan kail. Tak lama kemudian seekor ikan lele yang cukup besar tersangkut. Anakku yang nomor dua berteriak-teriak kegirangan Teriakan itu lebih keras dibandingkan saat dia mendapat ikan di sungai kemarin. .Anton, pemilik pemancingan datang membawa ember berisi air
25. Latar tempat kutipan novel tersebut adalah….
a. Sungai b. Laut c. Kolam d. tambak
Baru kali ini ada teman pria main ke rumahnya. Ira jadi gugup. Dia tidak sadar bahwa apa yang disangkanya gula itu adalah garam halus.
“Ada apa…?” tanyanya ketika tanpa dia duga Rudi menyemprotkan air teh yang sedang dia suguhkan itu.
26. Suasana yang terdapat pada kutipan cerita pendek di atas adalah….
a.senang b. bingung c. malu d. damai
24. Menentukan Jenis Konflik
Konflik adalah masalah yang sedang dihadapi tokoh cerita. Jenis konflik yaitu 1. fisik/badan/raga/badan, 2. konflik psikis/batin/jiwa/rokhani, 3. konflik ide/pendapat.
Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh cerita. Jika berkelai atau ada kontak fisik dengan tokoh lain ( konflik fiSik), merenung, bersedih karena sedang memiliki suatu masalah ( konflik batin), beradu pendapat, diskusi/berdebat ( konflik ide )
25. Menentukan Konflik dalam cerita
a. Tentukan peristiwa apa yang menyebabkan si tokoh cerita berkelai, bersedih, merenung, atau berdebat.
b. Peristiwa itulah konfliknya.
c. Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu cocokkan dengan isi pada pilihan jawaban dengan isi pada bacaann.
d. Pilihan jawaban yang isinya sesuai dengan apa yang tertulis dalam bacaan itulah pilihan jawaban yang benar.
Apa salahnya jadi orang tak punya, batin Iwan sedih sepulang sekolah. Tak ada yang punya hak untuk menghinanya walaupun bapaknya hanya tukang becak. Tadi Dodo dan kawanannya menertawakan sepatunya yang bolong di bagian ibu jari. Kemarin mereka memperolok tasnya yang kumal dan sudah kehilangan warnanya. Besok apa lagi?
27.Jenis konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah…
a. Psikis b. Lahir c. Ide d. Badan
28.Yang menjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah…
a.Iwan suka menghina teman-temannya c.Iwan sedih karena dihina teman-temannya.
b. Dodo mengajak Iwan berkelai d.Iwan membalas ejekan Dodo
26. Menentukan Nilai Moral Cerita
a. Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk.
b. Nilai moral biasanya diwujudkan dalam kalimat pesan.
c. Cari ucapan/ perbuatan/ pikiran yang bersifat negatif dari tokoh cerita.
d. Bunyi nilai moral berkaitan dengan hal tersebut
Setelah lima tahun berada di Jakarta, Rusdi pulang sambil membawa calon istrinya. Namun, Bapaknya menyambutnya dengan dingin.
“Memangnya tidak ada gadis yang bukan orang Menado?” tanyanya ketus.
Rusdi tidak menanggapi. Istri pertama bapaknya adalah orang Menado, tetapi menurutnya belum tentu semua gadis Menado tukang selingkuh seperti yang dikenal bapaknya.
29. Nilai moral dalam kutipan novel di atas adalah..
a. kita tidak boleh menganggap remeh orang lain c. Jangan suka menyamaratakan sifat orang lain
b. Bantahlah ayahmu jika kamu berani d. Dalam bertindak turutilah kata hatimu.
27. Menentukan Watak Pelaku Cerita
a. Pahami lebih dahulu pengertian contoh-contoh watak/karakter berikut: bengis, bijaksana, pengertian, perhatian, pengecut, penyabar, cerdik, licik,soleh, relijius, patuh dll
b. Pahami lebih dahulu bahwa watak pelaku cerpen/novel/drama biasanya tidak tertulis secara gamblang, tetapi hanya berupa kata-kata/perbuatan yang merupakan ciri-ciri sebuah watak.
c. Watak tokoh dapat dilihat lewat apa yang dikatakan/lakukan/pikirkan tokoh tersebut , apa yang dituliskan pengarang, ciri pisik si tokoh, dan disebutkan tokoh lain
d. Pahami siapa tokoh yang harus ditentukan wataknya
e. Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu secara berurutan cari bukti yang berupa perkataan /perbuatan/penjelasan pengarang/ucapan tokoh lain yang sesuai dengan watak tersebut
Budi :“Kalau ada orang mengemis, kadang aku beri kadang tidak. Aku lihat dulu orangnya..
Tono :“Bukanlah memberi sedekah itu baik?”
Budi :“Betul, tapi kalau kita memberi sedekah pada orang masih muda dan berbadan sehat itu
tidak mendidik!”
30. Watak Budi berdasarkan kutipan drama di atas adalah….
a. Pelit b. Perhitungan c. Pemurah d. licik
“Jangan menaruh semua uang di dompet. Simpan lainnya di kaos kaki yang kau pakai” nasihat Kakek Nonyo.
Narjo patuh pada nasihat itu. Uang hasil penjualan kambing yang akan dipakainya sebagai bekal merantau ke Surabaya di dimasukkannya ke dalam kaos kaki.
“Saya berangkat dulu, Kek!” pamitnya
31. Karakter tokoh kakek digambarkan melalui
a. Dialog tokoh tersebut c. Dinarasikan oleh pengarang
b. Disebutkan tokoh lain d. Ciri pisik tokoh
Pak Harun masuk ruangan sambil membawa segelas air putih yang diambilnya dari dapur (1 ). Dodi, Riswan, dan Tini yang dituduh mencuri uang Tari tidak paham maksudnya ( 2 ).
“Air putih ini sudah diberi doa oleh Kyai Zaenal Arifin. Bagi pencuri uang Tari yang meminumnya perutnya akan langsung bengkak!” kata Pak Harun menakut-nakuti ( 3 )
Tini langsung pucat pasi ( 4 ). Pak Harun melihat perubahan wajah Tini tersebut (5). Setelah menyuruh Dodi dan Riswan keluar dari ruang BP, dia kembali menginterogasi Tini ( 6 ).
32. Bukti kecerdikan Pak Harun terdapat pada….
a. Kalimat 1 dan 3 b. Kalimat 1 dan 6 c. Kalimat 3 dan 5 d. Kalimat 3 dan 6
28. Menentukan Tulisan Buku Harian/Pengalaman pribadi
a. Pahami, bahwa pelaku dalam buku harian/ pengalaman adalah “aku/saya”
b. Bagian yang tertulis dalam buku harian biasanya waktu, tempat, peristiwa yang disertai ekspresi perasaan si pelaku saat mengalami peristiwa itu.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut. Mulai dari pelaku ( aku/saya), waktu, tempat, peristiwa lalu ekspresi perasaan.
d. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
e. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
Saat pengumuman hasil Uji Coba Ujian Nasional 1, 21 Februari 2009 nilai Santi hancur. Dia dinyatakan tidak lulus. Dia sangat merasa bersalah pada Bapak Ibunya yang telah dengan susah payah membiayai sekolahnya.
33. Catatan harian yang ditulis Santi sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
a. 21 Februari 2009 adalah hari sial bagiku. Ayahku memarahiku karena aku tidak lulus uji coba ujian nasional.
b. Pada 21 Februari 2009 ini aku berjanji akan rajin belajar agar lulus ujian nasional
c. Aku merasa bersalah pada ayah ibu. Pada 21 Februari 2009 ini aku akan minta maaf karena telah berbuat salah.
d. Tidak lulus dengan nilai hancur. Betapa bersalahnya aku pada bapak ibuku. Sejak 21 Februari 2009 ini aku berjanji akan belajar lebih sungguh-sungguh..
29. Menulis Memo Sesuai Ilustrasi
a. Pahami hal-hal berikut pada ilustrasi: pengirim memo, yang dikirimi memo, hubungan antara penulis memo dan yang dikirimi, dan isi perintahnya.
b. Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan pengirim memo, yang dikirimi memo, dan isi perintah.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
d. Mulailah dari perbedaan kata perintah yang digunakan ( kata perintah yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dirimi memo) .
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain ( isi ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
Kepala sekolah menulis memo pada urusan kesiswaan agar segera membuat program kerja tahun 2009
34. Kalimat pesan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah
a. Segera laporkan program kerja kesiswaan tahun 2009
b. Mohon segera laksanakan program kerja kesiswaan tahun 2009
c. Buat segera program kerja kesiswaan tahun 2009
d. Segera buatkan data siswa tahun 2009
30. Menyusun laporan Sistematis
a. Laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun sesuai dengan urutan waktu kejadian
b. Jika pada salah satu kalimat terdapat atau dimulai dengan kata hubung, cari kalimat sebelum kalimat tersebut.
c. Lihat pada pilihan jawaban yang sesuai dengan urutan kedua kalimat tersebut.
d. Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang urutannya nomornya tidak sesuai dengan urutan nomor dua kalimat tersebut.
31. Menyusun laporan Sesuai Ilustrasi
a. Pada ilustrasi, temukan kalimat yang memuat tujuan diadakannya kegiatan tersebut
b. Bunyi laporan sesuaikan dengan tujuannnya
1. Peringatan itu diisi dengan perlombaan pidato, baca puisi, lomba membuat majalah dinding, lomba pidato guru, dan kebersihan antarkelas.
2. Beberapa guru dari sekolah lain kami libatkan sebagai juri lomba.
3. Seluruh siswa dan guru terlibat di dalamnya.
4. Rencananya, peringatan tersebut akan kami adakan secara rutin setiap tahunnya.
5. Pada 28 Oktober 2008 SMP 1 Jurangjero memperingati bulan bahasa.
35.Urutan penyusunan laporan yang sistematis adalah….
a. 3,5,1,4,2 b.3,1,2,5,4 c.5,3,1,2,4 d.5,4,1,3,2
Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR ) SMP 1 Waralaba mengadakan kunjungan ke Agro Wisata Salak Pondoh di Turi Sleman untuk mengetahui bagaimana cara memanen salak.
36. Laporan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Agro Wisata itu adalah didirikan pada tahun 1968 oleh H. Ujang. Sekarang tempat wisata itu diteruskan oleh anaknya.
b. Salak yang sudah tua tidak berambut dan warnanya mengkilap. Salak harus dipotong sekaligus dengan tangkainya dengan sabit
c. Jumlah pengunjung Agro Wisata rata-rata 100 orang setiap harinya yang berasal dari sekitar kota Yogyakarta.
d. Luas Agro Wisata Turi 10 ha dengan jumlah tanaman salak siap panen 10.000 batang. Tiap seminggu sekali pohon harus disiram
32. Menulis Pembuka Surat Pribadi
a. Pembuka surat pribadi biasanya berisi salam, sapaan, menanyakan kabar si penerima surat, dan mengabarkan keadaan si pengirim surat.
b. Kata sapaan dan salam harus sesuai kedudukan antara pengirim dan penerima surat
c. Perhatikan pola pilihan jawaban lalu temukan perbedaan keempat pembuka surat tersebut
d. Begitu menemukan satu perbedaan, sesuaikan dengan urutan bagian pembuka surat pribadi tersebut
e. Pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan bagian-bagian pembuka surat pribadi di atas, kemungkinan kata-kata/kalimat yang seharusnya ditulis pada bagian isi.
Buat sahabatku Ratna
Di Surabaya
…………
Aku dengar kabar dari Andi, teman kita dulu, kamu berhasil memenangkan lomba siswa teladan tingkat Kabupaten Pacitan. Selamat ya atas prestasimu. Aku Ikut bangga.
Tolong ceritakan bagaimana kamu bisa sukses seperti itu. Aku tunggu balasanmu. Tak lupa sampaikan salam hormatku kepada ayah dan ibumu.
Sekian dulu, terima kasih.

37.Pembuka surat pribadi di atas yang paling tepat adalah
a. Salam manis,
Bagaimana kabarmu Ratna? sudah lama kita tidak berjumpa. Semoga kamu sekeluarga sehat-sehat adanya seperti juga kami sekeluarga di Semarang
b. Salam manis,
Rat, kamu luar biasa. Jangan heran ya kalau aku sudah mendengar berita yang menghebohkan itu. Bahkan, berita itu sudah tersebar di seluruh kampung kita.
c. Salam manis,
Bagaimana kabar kabar teman kita Santi, Ratna? Sudah lama kami tidak berjumpa. Semoga mereka sekeluarga sehat-sehat adanya seperti juga kami sekeluarga di Semarang
d. Salam manis,
Rat, kami sudah kangen dengan canda tawamu. Sudah lama kita tidak berjumpa. Kapan kita bertemu lagi, ya?
33. Menulis Penutup Surat Pribadi
a. Penutup surat pribadi biasanya berupa penekanan apa yang tertulis dalam isi atau berupa pesan
b. Jika ada, temukan pada soal gambaran isi penutup surat tersebut.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan isi penutup surat tersebut pada keempat pilihan jawaban tersebut.
d. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
…….
Sampai di sini dulu ya. Doa kakak semoga kamu bahagia. Tak lupa kakak mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Dan yang terakhir, …….
38. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang penutup surat pribadi tersebut agar si adik tidak lupa bahwa sebentar lagi akan menempuh ujian nasional adalah …
a. Jangan lupa belajar sungguh-sungguh .Sebentar lagi kamu naik ke kelas sembilan dan harus menempuh ujian nasional
b. Jangan lupa sebentar lagi ujian nasional. Persiapkan diri sebaik-baiknya agar lulus dengan nilai baik.
c. Jangan lupa berdoa agar kamu diterima di sekolah favorit seperti yang kamu impikan selama ini.
d. Jangan lupa minta restu pada Bapak dan Ibu jika besok akan berangkat menempuh ujian nasional.
34. Menulis Isi Surat Undangan
a. Isi surat undangan biasanya berisi hari/tanggal, waktu, tempat, dan acara/kegiatan
b. Sapaan menggunakan hurup besar dan menyesuaikan kedudukan antara si pengundang dan yang diundang.
c. Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan sapaan, hari/tanggal, waktu, dan nama acara
d. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
e. Mulailah dari perbedaan kata kata sapaan yang digunakan ( kata sapaan yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dikirimi undangan) .
f. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
g. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (hari/tanggal, waktu, dan nama acara ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
Ketua OSIS SMP Prawira Marta Mengundang seluruh pengurus untuk berkumpul pada hari Senin, 5 Mei 2008 di ruang OSIS, pada pukul 08.00 untuk membentuk Panitia Peringatan Hari Pendidikan Nasional.
39. Isi surat undangan yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Dengan hormat,
Dalam rangka peringatan hari Kebangkitan Nasional, kami mengundang Saudara besok pada
hari, tanggal : Senin, 5 Mei 2008
waktu : 08.00 s.d. selesai
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia
b. Dengan hormat,
Untuk menyambut hari Pendidikan Nasional, kami mengundang Bapak untuk memimpin pembentukan panitia besok pada
hari, tanggal : Senin, 5 Mei 2008
waktu : 08.00 s.d. selesai
tempat : Ruang OSIS
c. Dengan hormat,
Dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional, kami mengundang Saudara besok pada
hari, tanggal : Senin, 5 Mei 2008
waktu : 08.00 s.d. selesai
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia
d. Dengan hormat,
Dalam rangka peringatan hari Kebangkitan Nasional, kami mengundang Saudara besok pada
hari, tanggal : Senin, 5 Mei 2008
waktu : 08.00 s.d. selesai
tempat : Ruang OSIS

35. Menulis Penutup Surat resmi
a. Jenis surat resmi adalah pemberitahuan, undangan, dan permohonan.
b. Sesuaikan kalimat penutup dengan jenis suratnya.
c. Syarat penutup surat resmi adalah, jangan menggunakan kata ganti milik atau klitika “nya”, tetapi gunakan kata sapan Bapak, Ibu, Anda, Saudara, Adik, dll
d. Gunakan kata kerja aktif ( mengucapkan, kami ucapkan), jangan pasif ( diucapkan )
e. Ungkapan jangan berlebih-lebihan ( sangat terima kasih, kami haturkan, banyak-banyak terimakasih )
Mengharap kehadiran Bapak untuk menghadiri acara pentas seni pada peringatan Hari Kartini, besok pada :
a. hari/tanggal : Sabtu, 25 April 2009
b. waktu : Pukul 10.00 s.d. 12.00 Wib
c. tempat : Aula SMP 1 Kebunsari
………..
Ketua OSIS,

Maya
40. Penutup surat undangan resmi di atas adalah…
a. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih
b. Atas perhatian Bapak, kami banyak-banyak mengucapkan terima kasiih.
c. Atas terkabulnya undangan ini, kami ucapkan terima kasih
d. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih
36. Menulis Rangkuman
a. Jika bacaan terdiri atas satu paragraf, rangkuman berupa kalimat utamanya atau kalimat utama dan salah-satu kalimat penjelas.
b. Jika bacaan teridiri atas lebih dari satu paragraf, rangkuman berupa gabungan kalimat utama tiap paragraf.
c. Perhatikan kata-kata/kalimat pertama masing-masing pilihan jawaban
d. Curigai pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama sebagai pilihan jawaban benar.
e. Jika ada dua atau tiga pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama, lakukan perbandingan pada kalimat selanjutnya
Sebagian besar wanita menginginkan punya berat badan yang ideal. Banyak hal yang telah mereka coba, antara lain dengan cara sedot lemak dan mengurangi porsi makan secara drastis. Bahkan, hal itu dilakukan tanpa menghiraukan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh. Tentu saja hal itu bukanlah cara yang baik karena cara tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh.
Cara yang paling baik dalam membentuk tubuh yang ideal yaitu dengan mengatur pola makan. Pengaturan jumlah kalori serta menjaga keseimbangan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk tubuh yang ideal dan tentu saja sehat.
Selain cara tersebut, olah raga adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pembakaran lemak selama aktivitas olahraga adalah cara yang paling alami. Hal itu lebih sehat daripada operasi sedot lemak yang banyak memakan biaya. Soal jenis olahraga, pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan situasi.

41. Rangkuman yang sesuai dengan teks bacaan di atas
adalah…
a. Agar wanita punya bentuk badan yang ideal dan sehat aturlah pola makan dan tentu saja rajin berolahraga.
b. Sedot lemak dan mengurangi porsi makan secara drastis dapat menciptakan bentuk badan yang ideal.
c. Wanita yang menginginkan berat badan yang ideal agar rajin berolahraga dan mengatur pola makan.
d. Berat badan yang ideal boleh diciptakan dengan cara apapun
37. Menulis Slogan
a. Slogan mempunyai ciri: kalimatnya pendek, berisi semboyan, tidak berbentuk kalimat perintah
b. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut.
c. Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan slogan yang terdapat pada ilustrasi
d. Bunyi slogan diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
Karena ujian nasional sudah dekat, OSIS SMP Karangturi membuat slogan supaya seluruh siswa belajar lebih giat dan nanti dapat lulus dengan nilai baik
42. Slogan yang tepat adalah….
a. Kemarin belajar, hari ini belajar, esok belajar
b. Belajar lebih giat adalah solusi tepat agar lulus ujian nasional
c. Dengan belajar, semua masalah teratasi
d. Ingat, Ujian nasional sudah dekat!
38. Menulis Poster
a. Poster mempunyai ciri: kalimatnya agak panjang, berisi ajakan, berbentuk kalimat perintah
b. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut..
c. Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan poster yang terdapat pada ilustrasi
d. Bunyi poster diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
Beberapa waktu yang lalu terjadi bencana banjir di beberapa daerah di Jawa Tengah. Selain korban harta benda juga ada beberapa warga yang meninggal dan beberapa gedung sekolah runtuh. Banyak warga yang membuat tenda dipinggir jalan raya. Oleh karena itu, lurah murung raya mengajak warganya untuk membantu mereka. Untuk kepentingan hal itu pak lurah menyuruh sekretaris lurah membuat poster.
43.Kalimat poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
a. Bencana menghasilkan kesengsaraan kita
b. Waspadalah karena banjir dapat datang tiba-tiba
c. Mereka adalah saudara kita, marilah kita bantu korban banjir
d. Mereka adalah saudara kita, marilah kita turut berduka cita
39. Menulis Iklan Baris
a. Syarat iklan baris adalah singkat (kata-katanya sedikit), padat (kata-kata tertentu disingkat), dan jelas ( pembaca iklan dapat memahama isi iklan tersebut)
b. Iklan baris biasanya terdiri atas 4 bagian dengan urutan berikut, yaitu 1. pernyataan menjual/membeli, 2. nama barang/jasa, 3. keterangan barang/jasa ( termasuk harga jika ada ), dan 4. alamat pemasang iklan.
c. Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
d. Mulailah dari perbedaan bagian 1 ( pernyataan menjual/membeli ) .
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (nama barang, keterangan, dan alamat tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
g. Jika ada dua pilihan yang cirinya sama, pilih yang lebih singkat
Seorang kontaktor membutuhkan karyawan dengan syarat sarjana teknik bangunan, umur maksimal 30 tahun, berpengalaman minimal 7 tahun di bidang surveyer, dan siap ditempatkan di Kalimantan. Pelamar agar datang ke PT Angkaramurka, Jl. Agung 102, Jakarta Barat
44. Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
a. Dicari.Karyawan. S1, teknik bangunan. Maks. 30 thn. Pengalaman surveyer. Di tempatkan di Jakarta. Segera datangi PT AM, j. Agung 102, Jabar.
b. Pt Angkaramurka bth karyawan pria. Syarat: sarjana teknik bangunan, 30 thn, pengalaman surveyer,. ditempatkan di seluruh Jawa – Sumatera. Datang ke PT Angkaramurka, Jl. Agung 102, Jakarta Barat
c. Bth S1 teknik bangunan. Um. Maks 30, pengalaman mins. 3 thn. Datang ke ke PT Angkaramurka, Jl. Agung 102, Jakarta Barat
d. Cari surveyer pengalaman. S1 teknik bangunan. Maks 30 thn. Penempatan Kalimantan. Datang ke PT Angkaramurka, Jl. Agung 102, Jakarta Barat.
Butuh badut atau sulap pada acara ulang tahun anak kesayangan Anda? …..
45. Pelengkap iklan baris tersebut yang paling tepat adalah..
a. Hub. Imron, Gang Kelinci No. 12
b. Telepon Haji Gofur kapan saja
c. Hub. 081226885467
d. Cari alamat berikut. Subur entertainment. Pekalongan Barat.
40. Menulis Pembukaan Pidato
a. Pahami dalam ilustrasi hal-hal berikut : yang berpidato, yang mendengarkan pidato, dan nama acara/ tujuan pidato.
b. Pahami bahwa pembukaan pidato berisi salam/sapaan, dan ucapan syukur kepada Tuhan YME, dan penyebutan nama acara/kegiatan/tujuan
c. Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
d. Mulailah dari perbedaan pertama ( salam/sapaan ) .
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (ucapan syukur dan penyebutan nama acara/ kegiatan ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
Pada kesempatan pembagian raport kenaikan kelas, wali kelas VIII C ingin menginformasikan kepada orang tua / wali murid tentang rendahnya motivasi belajar siswa.
46. Kalimat pembuka pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
a. Bapak/ibu yang saya hormati, saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bapak dan Ibu. Pada kesempatan ini saya mengajak kepada Bapak dan Ibu agar memberi motivasi belajar pada putri-putri kita.
b. Bapak/ibu yang saya hormati, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah, sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini dalam rangka membahas cara peningkatan motivasi belajar anak-anak kita.
c. Bapak/ibu yang saya hormati, sebelumnya marilah kita renungkan betapa ruginya jika anak-anak kita tidak memiliki motivasi untuk belajar.
d. Bapak/ibu yang saya hormati, pada kesempatan pembagian raport ini marilah kita senantiasa bersyukur ke hadirat Allah atas segala nikmat yang sudah kita terima. Salah satu hal yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa.
40. Menulis Rumusan Masalah Karya Ilmiah
a. Rumusan masalah berisi gambaran masalah yang akan dibahas
b. Pahami bahwa Rumusan masalah berupa pertanyaan yang berkaitan dengan judul/tema karya tulis atau Latar Belakang Masalah
c. Pahami bahwa rumusan masalah berbentuk pertanyaan dengan kata tanya yang sering digunakan adalah “apa/apa saja”dan “bagaimana”
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
e. Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan tema/judul, tentukan apakah akan membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan
f. Jika yang akan dibahas adalah jenis/rincian kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “apa/apa saja”
g. Jika yang akan dibahas adalah cara/penjelasan, kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “bagaimana”
h. Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan Latar Belakang Masalah, tentukan apakah Latar Belakang Masalah tersebut membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan. Kata Tanya pada rumusan masalah yang dipakai sama dengan di atas.
Tema : Manfaat Membaca
47. Rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema karya tulis tersebut adalah…
a. Membaca adalah sebuah kegiatan yang banyak sekali manfaatnya.
b. Siapa saja yang memanfaatkan kegiatan membaca?
c. Apa saja manfaat yang diperoleh dari kegiatan membaca?
d. Bagaimana cara membaca yang baik?
41. Menentukan Latar Belakang Masalah Berdasarkan Identifikasi Masalah
a. Identifikasi masalah dapat berupa pertanyaan atau pernyataan
b. Cari pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan pertanyaan atau pernyataan yang terdapat pada Identifikasi Masalah
c. Perhatikan kalimat pertama pada tiap-tiap pilihan jawaban
d. Curigai kalimat pada pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan apa yang terdapat pada identifikasi masalah urutan pertama sebagai pilihan jawaban benar.
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi.
f. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang kalimat pertamanya tidak menjawab/ menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan/pernyataan pada identifikasi masalah pertama.
g. Lakukan hal yang sama terhadap kalimat berikutnya tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan paragraf yang isinya menjawab atau menjelaskan semua yang tertulis pada identifikasi masalah
Identifikasi Masalah
A. Apakah pengertian belajar?
B. Bagaimana hubungan antara belajar dengan peningkatan prestasi siswa?
48. Latar belakang karya ilmiah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah di atas adalah….
a. Belajar dapat diartikan sebagai proses dari tidak tahu menjadi tahu. Belajar dan peningkatan prestasi siswa merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Peningkatan prestasi siswa sangat ditentukan oleh proses belajarnya.
b. Belajar adalah sebuah proses pentransferan informasi ke dalam otak. Untuk selanjutnya informasi tersebut akan mengendap dan siap diaplikasikan pada waktunya.
c. Siswa yang malas belajar adalah persoalan yang harus segera diatasi oleh orang tua dan para pendidik. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut tentu akan membuat prestasi menjadi turun.
d. Belajar yang tidak mampu meningkatkan prestasi siswa disebabkan karena adanya hambatan dalam proses pengalihan tersebut.
e. dengan peningkatan kualitas mental dan spiritual akan menciptakan insan-insan intelektual yang seperti robot.
41. Menentukan Balasan Pantun
a. Pahami bahwa pantun adalah puisi lama dengan ciri berikut: 1. jumlah larik dalam satu bait empat, 2. berima/bersajak a,a,a,a/a,b,a,b, 3. Larik 12 isi, larik 3 4 sampiran
b. Pantun biasanya berisi nasehat, permintaan, atau pertanyaan yang dituangkan dalam 2 larik ( biasanya 8 kata )
c. Perhatikan larik 3 dan 4 pada ilustrasi untuk menemukan pertanyaan atau pernyataan pantun tersebut
d. Cari pada larik 3 dan 4 pada pilihan jawaban yang merupakan jawaban dari pertanyaan/pernyataan tersebut.
e. Jika ada dua pilihan yang sesuai dengan pertanyaan/penjelasan pantun ilustrasi, kemungkinan salah satu rima dari pilihan jawaban yang tersisa bukan a,b,a,b atau puisi tersebut tidak berjenis pantun.
Pohon mangga buahnya jarang
Masak satu kupas kulitnya
Kalau adik benar sayang
Bantu ibu janganlah lupa

49. Balasan pantun yang tepat berdasarkan isi pantun di atas adalah…
a. Buah duku asal Palembang
Apel merah California punya
Wajah ibu selalu terbayang
Tampak di mata lekat di dada
b. kalau kaya tengoklah Mekah
jangan lupa terowongan Mina
Tiada percuma ibu sedekah
Pintu surga sudah terbuka
c. Minyak sawit bikinan tetangga
Mahal sedikit tiada mengapa
pekerjaan keluarga yang utama
baru lakukan yang lainnya
d. berpunuk tapi bukan onta
burung kolibri mengisap madu
kucurahkan suka dan duka
hanya satu kepada ibu
42. Menentukan Urutan Pantun
a. Tentukan urutan nomornya berdasarkan persanjakan ( a,b,a,b/a,a,a,a )
b. Cari letak isi pantun tersebut
c. Berdasarkan urutan itu, lihat pada pilihan jawaban
d. Curigai pilihan jawaban yang memuat urutan tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
1. pergi merantau ke tanah seberang
2. ke rantau orang janganlah bimbang
3. janganlah lupa berbekal ilmu
4. rejeki halal sudah menunggu
50. Larik-larik di atas akan menjadi pantun yang baik jika disusun dengan urutan….
a. 3,1,42 b. 1,3,2,4 c. 1,4,2,3 d. 2,3,1,4

43. Melengkapi dialog Drama
Selalu perhatikan dialog sebelum dan sesudah bagian yang rumpang
Doni :“Maaf, Pak! Tadi bangun kesiangan”
Pak Mano : …….
Doni :“Tadi malam nonton bola sampai
larut malam, Pak!”
Pak Mano :“Lain kali kalau nonton TV kira-kira
waktunya!”
Doni : ……..

51. Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kutipan drama di atas
adalah….
a.- “Memangnya tidak ada yang membangunkan?”
– “Ya Pak, saya tidak akan nonton TV lagi!”
b. -“Apa yang kau lakukan tadi malam??”
-“Ya, Pak. Akan saya ingat nasihat Bapak”
c. –“Mengapa kamu terlambat?”
-“Terima kasih, Pak!”
d. – “Tadi malam kamu nonton TV ya?”
– “Permisi, Pak.”

43. Menyunting Kalimat Agar Efektif
a. Kalimat tidak efektif ditandai dengan adanya kata-kata yang mubazir ( tidak perlu ) atau adanya dua kata yang memiliki arti sama ( banyak = para = peserta = sekalian = bermacam-macam = beberapa = sangat = kata benda yang diulang ), agar=supaya, walau = tetapi dll
b. Biasanya kata yang mempunyai makna sama letaknya berdekatan
c. Kata yang mubazir adalah sebuah kata yang jika kata tersebut dihilangkan, arti kalimatnya tidak berubah.
d. Perhatikan kata-kata yang harus dihilangkan pada pilihan jawaban lalu cari kata yang berdekatan dengan kata-kata tersebut. Jika ditemukan dua kata yang maknanya sama, berarti kata pada pilihan jawaban dapat dihilangkan
e. Jika menemukan pilihan jawaban yang kata-katanya dapat dihilangkan tanpa mengubah arti/makna seluruh kalimat, berarti kata-kata itu tidak perlu
Di Jakarta yang sering dilanda banjir proses penyediaan fasilitas pengolah sampah mutlak harus segera dilakukan pemerintah daerah DKI.
52. Hasil suntingan yang tepat dari kalimat di atas agar menjadi kalimat efektif adalah….
a. Menghlangkan kata di, proses, dan mutlak
b. Menghilangkan kata di, proses, dan daerah
c. Menghilangkan kata proses, mutlak, dan daerah
d. Menghilangkan kata proses dan mutlak
43. Menulis Naskah Drama Berdasarkan Narasi
a. Naskah drama mempunyai cirri berisi nama pelaku yang diikuti dialog yang harus diucapkan dan terkadang disertai adegan yang harus diperankan.
b. Temukan perbedaan, isi kalimat/dialog atau pengucap dialog pada pilihan jawaban lalu cocokan satu persatu secara urut dengan ilustrasi.
Cungkring meringis. Soal nomor lima dia lupa cara mengerjakannya. Soal nomor tiga sama sekali tak nyantol di otaknya.
“Sssst, Sinta! Nomor tiga dan lima..” bisiknya sambil menendang kursi juara kelas itu. Sinta menoleh lalu menunjuk ke depan kelas. Di sana Pak Surono sedang melotot ke arah Cungkring.
“Cungkring, kerjakan sendiri atau saya suruh keluar!” suara Pak Surono datar tapi penuh wibawa.
Cungkrik garuk-garuk kepala. “Mati aku”, bisiknya.
53. Teks drama yang sesuai dengan kutipan cerpen di atas adalah….
a. Cungkring :( tengak tengok ke guru. Kakinya menendang kursi Sinta ) Ssst. Soal nomor tiga dan lima
Sinta :( geleng – geleng. Tangannya menunjuk ke Pak Surono )
Pak Surono :Cungkring, kerjakan sendiri atau saya suruh keluar! ( keras )
Cungkring :( Cungkrik garuk-garuk kepala ) Mati aku
b. Cungkring :( meringis bingung. Kakinya menendang kursi Sinta ) Ssst. Soal nomor lima dan tiga
Sinta :( menoleh. Tangannya menunjuk ke Pak Surono yang sedang melotot)
Pak Surono :Cungkring, kerjakan sendiri atau saya suruh keluar! (pelan tapi berwibawa )
Cungkring :( Cungkrik garuk-garuk kepala ) Mati aku
c. Cungkring :( tengak tengok ke guru.Kakinya menendang kursi Sinta ) Ssst. Soal nomor lima dan tiga
Sinta :( geleng – geleng. Tangannya menunjuk ke Pak Surono )
Pak Surono :Cungkring, kerjakan sendiri atau saya suruh keluar! (pelan dan mantap )
Cungkring :( garuk-garuk kepala) Mati aku
d. Cungkring :( meringis kesakitan. Kakinya menendang kursi Sinta ) Ssst. Soal nomor lima dan tiga.
Sinta :( Tangannya menunjuk ke Pak Pak Surono )
Pak Surono :Cungkring, kerjakan sendiri atau saya suruh keluar!
Cungkring :( garuk- garuk kepala ) wah, gawat

43. Menulis kalimat Saran Berdasarkan Kesimpulan
a. Kalimat saran berupa kalimat perintah atau larangan
b. Temukan hal baik/tidak baik yang terdapat pada kesimpulan tersebut
c. Saran/nasihat berkaiatan dengan hal tersebut
Jumlah pengunjung perpustakaan SMP 1 Karangrejo rata-rata hanya 35 siswa setiap hari. Jumlah itu tidak sebanding dengan jumlah seluruh siswa yang mencapai 765 siswa.
54.Kalimat saran yang sesuai dengan kesimpulan karya tulis tersebut adalah…..
a. Sebaiknya sekolah menambah buku-buku yang menarik agar koleksi perpustkaan bertambah
b. Memanfaatkan waktu dengan membaca di perpustakaan lebih baik daripada bermain yang tidak keruan
c. Jumlah pengunjung yang sedikit disebabkan oleh rendahnya minat baca para siswa
d. Kita jangan memaksa siswa melakukan kegiatan yang tidak disukainya, misalnya membaca buku.
43. Menyunting Paragraf
a. Perhatikan kalimat penjelas yang harus diganti atau disunting
b. Kalimat penjelas selalu menjelaskan gagasan utama kalimat utamanya ( pada kalimat pertama jika kalimat yang harus disunting kalimat terakhir )
c. Isi kalimat menjelas harus logis dan masuk akal
Laut kita yang kaya akan ikan memancing nelayan-nelayan dari negara tetangga untuk mencurinya. Menurut Departemen Perikanan dan Kelautan pencurian itu telah merugikan keuangan negara hingga mencapai ratusan milyard rupiah di setiap tahunnya. Keadaan itu tentu tidak dapat kita biarkan berlangsung terus-menerus. Negara harus mengerahkan segala potensi yang dimilikinya untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia. Kalau perlu kita serang negara asal nelayan yang suka mencuri itu.
55. Agar menjadi paragraf yang padu, hasil suntingan pada kalimat terakhir yang paling tepat adalah….
a. Pemerintah harus mencabut izin para nelayan asing yang mencuri ikan di Indonesia.
b. Angkatan laut perlu lebih meningkatan pengawasan pada bagian laut yang masih termasuk teritorial Indonesia.
c. Pemerintah harus menegur negara yang telah mengirimkan nelayannya agar mencuri ikan di wilayah Indonesia.
d. Angkatan udara harus berpatroli siang dan malam untuk mengantisipasi serangan musuh yang datang dari laut.

Kunci Jawaban Dan Pembahasan

1. Kalimat 1,2, adan 3 adalah penjelasan yang berupa akibat dari pernyataan sebab yang terdapat pada kalimat keempat.
Kunci : D
2. Pada kalimat kedua terdapat kata hubung tunjuk, “dampak lain perubahan itu…., . Kata “itu” menunjuk pada frase “perubahan iklim” yang terdapat pada kalimat pertama.
Kunci : B
3. Pada soal, pihak yang harus dikritik adalah Menpora. Pada bacaan menpora mengatakan “…..bukan tanggung jawab PSS!”. Bunyi kalimat kritikan berkaitan dengan ucapan tersebut.
Kunci : C
4. Kata-kata pertama teks 1 adalah “Hingga Minggu petang…… Kata tanya yang sesuai jika frase itu adalah jawabannya adalah “kapan”. Pilihan jawaban yang unsur pertamanya “kapan” adalah a dan d. Otomatis pilihan jawaban b dan c salah. Kebetulan unsur kedua teks 1 pada pilihan jawaban sama, yaitu berapa, maka tinggal melihat frase selanjutnya setelah frase yang menyebutkan jumlah. ( 20 orang tewas…..) Frase ketiga pada teks itu merupakan jawaban dari pertanyaan “bagaimana”, karena pada pilihan jawaban tidak ada, lompat ke frase berikutnya yang berbunyi, “Tim sar UNS….” yang merupakan jawaban dari pertanyaan “siapa” ( Langkah tersebut dapat pula dilakukan pada teks 2, atau secara selang-seling)
Kunci : D
5. Pada teks 1 diinformasikan bahwa “sampai sekarang siapa yang membunuh wartawan itu masih menjadi misteri, sedangkan pada teks 2 dikatakan bahwa “…….mencari tahu siapa sebenarnya yang membunuh suaminya”
Kunci : A
6. Bacaan tersebut membahas “apa yang bagaimana” ( BBM yang turun lagi). Pilihan jawaban yang memuat hal tersebut adalah a,b, dan d. (otomatis c salah ) Pada kalimat utama (kalimat pertama) diinformasikan bahwa harga minyak dunia turun. Pada kalimat penjelas diinformasikan bahawa harga BBM juga turun. Pada bacaan tidak ada kalimat penjelas yang berisi “penurunan harga BBM sebagai sebuah prestasi atau tentang jumlah minyak yang terlalu banyaknya.
Kunci : B
7. Majas yang sering digunakan penyair adalah majas personifikasi ( menganggap suatu benda dapat bertingkah laku seperti manusia). Frase yang berisi majas personifikasi dapat dirumuskansebagai berikut: KB + KK/KS manusia atau jika dalam bentuk pasif KK/KS manusia + KB. Pada larik kedua terdapat frase matahari = KB , menampakkan senyumnya = tersenyum = kata kerja yang biasa dilakukan manusia )
Kunci : B
8. Pilihan jawaban yang berisi frase sesuai rumus di atas adalah Hatinya = KB, berbisik-bisik = kata kerja yang biasa dilakukan manusia )
Kunci : B
9. Pernyataan bahwa Mochtar Lubis sebagai seseorang yang mempunyai idealisme tinggi adalah sebuah pendapat. ( tinggi = kata sifat )
Kunci : D
10. Pada kalimat kedua dan keempat terdapat kata yang menjadi cirri kalimat pendapat ( pantas dan menarik )
Kunci : C
11. Bacaan tersebut membicarakan “siapa yang bagaimana” ( bangsa Israel yang melakukan kekejaman terhadap rakyat Palestina ). Isi bacaan tersebut tidak membicarakan tentang penumpasan teroris, dukungan Amerika terhadap Israel, atau keinginan Israel menguasai Palestina. Paragraf 1,2, dan 3 mengupas tentang kekejaman Israel. Paragraf ke-4 membahas tentang perlunya keterlibatan pemimpin dunia untuk menghentikan hal tersebut.
Kunci : B
12. Pilihan jawaban a,b, dan d, isinya sama dengan bacaan. Pilihan jawaban c yang menyebutkan bangsa Arab sebagai pembela setia bangsa Palestina, berlawanan dengan pernyataan bacaan paragraf 4 yang menyebutkan “sudah saatnya para pemimpin Arab bersatu dalam tindakan nyata” mengisyaratkan bahwa selama ini mereka tidak bersatu dan tidak melakukan tindakan nyata
Kunci : C
13. Kalimat pada pilihan jawaban yang bisa mengikat isi seluruh bacaan adalah tentang keinginan Israel menguasai Palestina
Kunci : A
14. Bacaan tersebut berisi ungkapan keprihatinan, pembelaan, belas kasihan terhadap bangsa Palestina.
Kunci : A
15. Karena tabel tersebut berisi jumlah dan waktu, kata tanya yang sesuai adalah “berapa dan kapan” ( otomatis pilihan jawaban “a” salah.). Pertanyaan b dan c jawabannya tidak ditemukan pada tabel. Pertanyaan “d” ada jawabannya yaitu 1500. Angka itu didapat dari 11.000 dikurangi 9.500
Kunci : D
16. Pernyataan “a” tidak sesuai karena sejak tahun 2004 – 2008 nilai rupiah terus naik ( berarti melemah ). Pernyaaan “b” tidak sesuai karena pada tabel terbaca bahwa sejak 2004 – 2008 nilai rupiah terus naik tanpa ada yang turun. Pernyaan “d” tidak sesuai karena data pada tabel dimulai tahun 2004. Jadi, tidak diketahui data tahun 2003 sebagai pembanding. Pilihan jawaban “d” sesuai. Selisih dari tahun sebelumnya 1.500, sedangkan tahun-tahun sebelumnya tidak ada yang mencapai angka itu.
Kunci : D
17. Pertanyaan “a” tidak dapat dijawab lewat grafik. Pertanyaan “c” salah karena data di grafik menyebutkan pada tahun itu terjadi penurunan. Pertanyaan “d” tidak dapat dijawab karena data pada grafik hanya sampai tahun 2007. Pertanyaan “c” dapat dijawab lewat grafik yaitu pada tahun 2006. Pada grafik terbaca bahwa pada tahun 2004,2005, dan 2006 mengalami kenaikan, tapi kenaikan yang paling pesat dari tahun sebelumnya adalah pada tahun 2006, yaitu 150 ton. ( dari 150 ke 300 )
Kunci : D
18. Pernyataan “a” tidak sesuai karena jumlah penurunan tahun 2004 adalah 50 ton sedangkan kenaikan tahun 2006 ada 150 ton. Pernyataan “b” tidak sesuai karena pada grafik terbaca bahwa tahun 2004 penjualan mengalami kenaikan. Pernyataan “c” tidak sesuai karena data pada grafik terbaca kenaikan tahun 2005 ada 25 ton sedangkan kenaikan tahun 2006 ada 150 ton. Pernyataan “d” sesuai karena dari penjualan 25 ton menjadi 150 ton dapat dikatakan sebuah kenaikan yang pesat.
Kunci : D
19. Pada larik 1 terdapat kata “ringkik kuda”, pada larik 2 terdapat kata “derap kuda”, pada larik 4 terdapat kata “dengusnya”. Ketiga kata tersebut berkaitan dengan suara
Kunci : D
20. Puisi tersebut tidak berisi tentang ringkik kuda atau derap kaki kuda. Hal tersebut hanya perumpamaan untuk menggambarkan suasana hati seseorang yang sedang dibakar api cemburu. ( akan cinta yang terbagi )
Kunci : B
21. Pernyataan “a” tidak sesuai karena seharusnya kantor sekda berada di sebelah Barat ( terletak di sebelah kiri tangan = arah Barat). Pernyataan “b” tidak sesuai karena kantor bupati berhadapan dengan alun-alun. Pernyataan “d” tidak sesuai karena seharusnya masjid berada di sebelah Timur (terletak di sebelah kanan tangan = arah Timur). Gedung GPU letaknya di bawah masjid ( berarti di Selatan )
Kunci : C
22. Bunyi akhir larik puisi “a” sama, “mata, tertunda, derita, tiba” (aaaa = rima sama), bunyi akhir larik 1 dan 2 puisi “c” sama “dusta, tak ada “ dan bunyi akhir larik 3 dan 4 juga sama walau lain bunyinya, “hati,arti”. ( rima kembar = aabb). bunyi akhir larik puisi “d” tidak berpola, “datang, pergi, jalan, tangan” (abcc = rima bebas). Bunyi akhir larik 1 dan 3 puisi “b” sama “melayang, membayang “ dan bunyi akhir larik 2 dan 4 juga sama walau lain bunyinya, “pergi,tinggi”. ( abab = rima silang).
Kunci : B
23. Rima pada puisi tersebut adalah a b a…. ( utara, sayang, cintanya). Agar membentuk pola, isian yang tepat adalah diksi yang berakhiran sama dengan larik kedua ( sayang ). Sehingga nanti rima puisi tersebut a,b,a,b.
Kunci : A
24. Hal tidak baik yang dilakukan tokoh cerita adalah menginjak uang yang jatuh agar pemilik uang tidak tahu bahwa uangnya jatuh. Pesan/nasihat yang benar adalah yang berkaitan dengan tindakan yang tidak jujur tersebut.
Kunci : B
25. Dengan satu kata dapat ditentukan bahwa tokoh cerita sedang memancing. “…..seekor ikan lele…” pada kalimat kedua dan “….pemilik pemancingan..” pada kalimat kelima membuktikan si tokoh memnacing di kolam karena ikan lele tidak terdapat di laut atau tambak. Dan jarang sekali sebuah pemancingan berada di sungai.
Kunci : C
26. Dengan satu kata dapat ditentukan bahwa si tokoh sedang melihat…..( Rudi yang menyemprotkan minumannya). Pada kalimat ketiga sudah disebutkan bahwa telah terjadi kesalahan tanpa diketahu oleh Ira ( garam disangka gula ). Suasana ketika si tokoh melihat perbuatan tersebut tentu saja bingung.
Kunci : B
27. Si tokoh sedang bersedih. Hal tersebut berkaitan dengan masalah kejiwaan/batin/psikis/rohani.
Kunci : C
28. Yang menjadi konflik/ masalah/persoalan bagi tokoh Budi adalah hinaan teman-temannya.
Kunci : C
29. Hal tidak baik pada cerita adalah tokoh ayah melarang anaknya kawin dengan gadis Menado karena menurutnya gadis Menoda suka berbuat serong. Pada hal, belum tentu semua gadis Menado mempunyai sifat seperti itu.
Kunci : C
30. Pilihan jawaban “a” yang menyebutkan tokoh Budi pelit kurang tepat karena dalam bacaan disebutkan bahwa tokoh Budi kadang juga suka memberi. Pilihan jawaban “b” yang menyebutkan tokoh Budi pemurah juga kurang tepat karena dalam bacaan disebutkan bahwa tokoh Budi tidak selalu memberi. Pilihan jawaban “d” yang menyebutkan tokoh Budi pelit, tidak dapat dibuktikan pada bacaan. Orang yang memberi dengan pertimbangan tertentu dapat digolongkan sebagai seseorang yang perhitungan.
Kunci : B
31. Karakter/watak tokoh kakek yang suka menasehati dan suka bertindak hati-hati dapat diketahui dari dialog yang diucapkannya. Pada bacaan tidak terdapat penggambaran karakter si kakek yang diceritakan langsung oleh pengarang, disebutkan oleh tokoh lain, ataupun penggambaran ciri pisik.
Kunci : A
32. Kalimat ke-3 yang berisi cara Pak Harun menakut-nakuti orang yang dicurigai sebagai pencuri dan kalimat ke-5 yang berisi kejelitian Pak Harun membaca perubahan wajah adalah bukti kecerdikan tokoh tersebut.
Kunci : C
33. Perbedaan keempat pilihan jawaban terletak pada peristiwa yang dialami penulis buku harian. Pada pilihan jawaban “a” disebutkan bahwa si aku dimarahi ayahnya, pilihan jawaban “b” janji untuk belajar sungguh-sungguh, pilihan jawaban “c” perasaan bersalah, dan pilihan jawaban “d” perasaan bersalah. Bila dicocokkan dengan ilustrasi, peristiwa yang sesuai adalah yang terdapat pada pilihan jawaban “c” dan “d”. Perbedaan pilihan jawaban “c’ dan “d” terletak pada alasan mengapa merasa bersalah. Bila dicocokan dengan ilustrasi yang paling sesuai adalah pilihan jawaban “d”
Kunci : D
34. Perintah pada pilihan jawaban “a” adalah “laporkan program”, pada pilihan jawaban “b” laksanakan program”, pada pilihan jawaban “c” adalah “buat program”, pada pilihan jawaban “d” adalah “buat data” Jika dicocokkan dengan ilustrasi, perintah yang paling sesuai adalah “buat program”
Kunci : C
35. Kalimat yang memiliki kata hubung adalah kalimat 1 ( itu ), kalimat 3 ( di dalamnya) dan kalimat 4 (rencananya ) Kalimat tersebut tidak mungkin menduduki urutan pertama karena pasti berada di belakang kalimat yang ditunjuknya. Otomatis pilihan jawaban “a” dan “b” salah karena pada kedua pilihan jawaban itu terdapat kata hubung. Pilihan jawaban “d” yang menempatkan kalimat 5 yang diikuti kalimat 4 lalu kalimat 1 kurang koheren ( padu )
Kunci : C
36. Tujuan kelompok KIR tersebut adalah untuk mengetahui cara memanen salak. Pilihan jawaban yang menjelaskan cara memanen salak adalah “b”, ….dipotong sekaligus dengan tangkainya dengan sabit”
37. Pembuka surat pribadi yang isinya salam, menanyakan kabar si penerima surat dan mengabarkan keadaan si pengirim surat adalah pilihan jawaban “a”. Pilihaan jawaban “b” dan “d” seharusnya ditulis pada bagian isi. Sedangkan pilihan jawaban “c” tidak logis karena yang ditanyakan justru kabar orang lain. Kalaupun harus ada, sebaiknya letaknya pada bagian isi.
Kunci : A
38. Pada bagian akhir soal telah disebutkan pesan yang ingin disampaikan si pengirim surat, yaitu mengingatkan si adik agar tidak lupa bahwa sebentar lagi akan menempuh ujian nasional. Pada pilihan jawaban “a” disebutkan sebentar lagi kelas 9, pilihan jawaban “c” menjelaskan tentang keinginan masuk sekolah favorit, dan pilihan jawaban “d” tentang berdoa sebelum menempuh ujian.
Kunci : B
39. Pilihan jawaban a,c, dan d menggunaan sapaan “saudara sedangkan “b” menggunaan sapaan Bapak. Pada ilustrasi yang diundang pengurus OSIS, jadi sapaan Bapak tidak sesuai. Pada pilihan jawaban a dan d disebutkan nama kegiatan adalah hari Kebangkitan Nasional, sedangkan pada pilihan jawaban “c” adalah hari pendidikan Nasional. Jika dicocokkan dengan ilustrasi yang benar adalah peringatan hari Pendidikan Nasional
Kunci : C
40. Pilihan jawaban “a” kurang tepat karena mengunakan kata ganti “nya. Pilihan jawaban “b” kurang tepat karena ucapan terima kasih berlebihan. Pilihan jawaban “c” kurang tepat karena adanya klitika “nya” dan pengunaan kata “terkabulnya” terlalu berlebihan.
Kunci : D
41. Pilihan jawaban yang dimulai dengan kalimat utama paragraf satu adalah “c” dan “d”. Pilihan jawaban “a” menyebutkan “bentuk badan ideal” dan pilihan jawaban “b” tidak diambil dari kalimat utamanya. Pilihan jawaban “d” tidak tepat karena kalimat keduanya tidak berasal dari gagasan utama pargraf 2 dan 3. Pilihan jawaban “c” berasal dari gagasan utama pargraf 1,2, dan 3
Kunci : D
42. Tujuan pembuatan slogan adalah agar siswa rajin belajar supaya lulus. Bunyi slogan pilihan jawaban “c” sama dengan tujuan pembuatan slogan tersebut. Di dalamnya ada “belajar” dan “lulus Ujian”, sedangkan pilihan jawaban a,b, dan d bunyi slogan kurang lengkap karena ada salah satu kata kunci pada ilustrasi yang tidak ditulis dalam slogan.
Kunci : C
43. Tujuan pembuatan poster adalah agar warga membantu korban banjir. Bunyi poster pilihan jawaban “c” sama dengan tujuan pembuatan poster tersebut. Di dalamnya ada “korban banjirr” dan “bantu”, sedangkan pilihan jawaban a,b, dan d bunyi slogan kurang lengkap karena ada salah satu kata kunci pada ilustrasi yang tidak ditulis dalam poster.
Kunci : C
44. Perbedaan pada keempat pilihan jawaban terletak pada penempatan pekerja. Pada pilihan jawaban “a” disebutkan penempatan di Jakarta, pilihan jawaban “b” diseluruh Jawa – Sumatera”, Pada pilihan jawaban “c” tidak disebutkan (padahal harus ), sedangkan pada pilihan jawaban “d” ditulis penempatan di Kalimantan. Dari Keempat perbedaan itu jika dicocokkan dengan ilustrasi yang paling sesuai adalah pilihan jawaban “d”
Kunci : D
45. Penulisan alamat pengirim iklan yang paling jelas adalah “c” . Sedangkan alamat yang tertera pada pilihan jawaban a,b, dan d tidak jelas dan susah ditemukan.
Kunci : C
46. Isi pembukaan pidato adalah sapaan, ucapan syukur, dan penyebutan acara. Pilihan jawaban yang memuat syarat tersebut adalah pilihan jawaban b dan d. Perbedaan keduanya terletak pada nama acara. Pada pilihan jawaban “b” disebutkan nama acara adalah “membahas cara peningkatan motivasi belajar”. Padahal, pada ilustrasi disebutkan bahwa nama kegiatan adalah “Pembagian raport”.
Kunci : D
47. Dari judul/tema tersebut dapat diperkirakan bahwa karya tulis tersebut akan membahas tentang “apa” dan bukan “bagaimana”. Pilihan jawaban “a” tidak tepat karena rumusan masalah harus berupa kalimat tanya. Pilihan jawaban “b” kurang tepat karena pada judul karya tulis tidak ditemukan adanya isyarat yang menyatakan bahwa sesuatu yang akan dibahas di dalamnya adalah siapa. Kecuali kalau judul karya tulis tersebut diubah menjadi “Orang-orang yang Memanfaatkan Kegiatan membaca” Pilihan jawaban “d” kurang tepat karena berrdasarkan judul karya tulis, yang akan dibahas adalah manfaat membaca dan bukan cara membaca.. Kecuali kalau judul karya tulis tersebut diubah menjadi “Cara membaca yang Baik”
Kunci : C
48. Pilihan jawaban yang isinya berupa jawaban pertanyaan yang terdapat pada identifikasi masalah adalah pilihan jawaban “a”. Pilihan jawaban “b” kurang tepat karena hanya menjelaskan Identifikasi Masalah pertama, yaitu pengertian belajar.bagian “Pilihan jawaban “c” kurang tepat karena hanya menjelaskan Identifikasi Masalah kedua, yaitu hubungan belajar dengan prestasi“.Pilihan jawaban “d” kurang tepat karena tidak menjelaskan Identifikasi Masalah pertama dan kedua
Kunci : A
49. Pertanyaan/pernyataan pada larik 3 dan empat dalam ilustrasi adalah permintaan untuk membantu ibu. Pantun balasan yang sesuai dengan permintaan itu adalah pilihan jawaban “c”
Kunci : C
50. Isi pada pantun tersbut adalah larik 2 dan 4.
Kunci : B
51. Pilihan jawaban “a” kurang tepat karena pada kalimat pertama sesuai, tapi isi kalimat kedua tidak logis/tidak masuk akal. Pilihan jawaban “c” tidak tepat karena kedua kalimatnya tidak singkron dengan bagian dialog sebelum dan sesudahnya. Pilihan jawaban “d” tidak tepat karena kalimat pertama tidak logis sedang kalimat kedua tidak singkron dengan bagian dialog sebelumnya
Kunci : B
52. Kata proses maknanya sama dengan imbuhan “pe – an” pada kata penyediaan. Kata “mutlak” dan “harus” artinya sama. Akronim “DKI” di dalamnya sudah terkandung kata “Daerah”
Kunci : C
53. Pada pilihan jawaban a,b,c, dan d terdapat perbedaan pada adegan awal. Pada pilihan jawaban “a” disebutkan bahwa Cungkring tengak-tengok. Pada pilihan jawaban “b” disebutkan bahwa Cungkring meringis bingung. Pada pilihan jawaban “c” disebutkan bahwa Cungkring tengak-tengok. Sedangkan pada pilihan jawaban “d” disebutkan bahwa Cungkring meringis kesakitan. Jika dicocokkan dengan ilustrasi, adegan yang paling sesuai adalah pilihan jawaban “b”
Kunci : C
54. Kesimpulan pada ilustrasi adalah sedikitnya siswa yang membaca di perpustakaan. Saran yang sesuai dengan kesimpulan itu adalah “b”. Kesimpulan tersebut berkaitan dengan siswa bukan dengan keadaan perpustaan atau kebijaksanaan sekolah, jadi kalimat saran pada pilihan jawaban “a” tidak sesuai. Kalimat pada pilihan jawaban “c” bukan kalimat saran. “Sedang bunyi kalimat saran pada pilihan jawaban “d” tidak logis dan tidak sesuai dengan isi kesimpulan.
Kunci : B
55. Kalimat penjelas seluruh pilihan jawaban menjelaskan isi gagasan utamanya. Namun, isi gagasan penjelas yang paling logis/masuk akal adalah pilihan jawaban “b”
Kunci : B

0 komentar:

Poskan Komentar